Cara Memasak Capcay (Resep Capcay)

Resep Bunda - Salam hangat para pecinta kuliner Indonesia!!! Kali ini saya coba buat sebuah artikel tentang Cara Memasak Capcay. Terkdang saya bingung juga, capcay ini sebenarnya aslinya darimana sih? Nah, untuk menjawabnya saya coba kutip dari Wikipedia Indonesia, berikut kutipannya.

Cap cai (Hanzi: 雜菜; Pinyin: zácài; Pe̍h-ōe-jī: cha̍p-chhài; "aneka sayuran") adalah dialek Hokkian yang berarti harfiah "aneka ragam sayur". Cap cai adalah nama hidangan khas Tionghoa yang populer yang khas karena dimasak dari banyak macam sayuran. Jumlah sayuran tidak tentu, namun banyak yang salah kaprah mengira bahwa cap cai harus mengandung 10 macam sayuran karena secara harfiah adalah berarti "sepuluh sayur". Cap di dalam dialek Hokkian juga berarti "sepuluh", dan cai berarti sayur.
Beberapa jenis sayuran yang biasanya dijadikan cap cai adalah sawi putih, sawi hijau, wortel, jagung muda, jamur merang, jamur kuping, kol, kapri, buncis, bunga kol, brokoli, daun bawang, tomat, dan bawang bombay. Walaupun demikian, unsur hewani juga biasa ditambahkan ke dalam makanan ini, misalnya daging sapi, ayam, telur, hati dan ampela ayam, udang, bakso, cumi-cumi, dan daging babi.
Cap cai dapat dimasak dengan dua cara, direbus (kuah) atau digoreng.
Dari kutipan diatas, ternyata capcay atau cap cai, berasal dari Tionghoa, namun di Indonesia makanan ini dibuat dengan variasi atau ciri khas tersendiri. Untuk itu saya coba membuat sebuah masakan capcay dengan khas Indonesia. Cara memasaka capcay tidaklah sulit, cukup sediakan beberapa bahan seperti dibawah ini.
  • Kubis putih (Kol) 1 buah.
  • Wortel 2 buah
  • Jagung 4 buah
  • Kacang secukupnya.
  • Bakso daging sapi secukupnya.
  • Garam secukupnya.
  • Bawang putih 4 siung.
  • bawang merah 3 siung, dan
  • Merica untuk perasa sesuai selera.


Cara memasak :
  1. Siapkan 4 siung bawang putih lalu hancurkan (dikeprek), 3 siung bawang merah diiris-iris. Lalu siapkan kubis, wortel, jagung, kacang, dan bakso daging sapi, lalu potong-potong sesuai selera.
  2. Tumis bawang merah dan bawang putih. setelah sedikit layu, masukkan sayuran (wortel harus masuk pertama), setelah 2-3 menit, lalu masukkan sayuran lainnya. Tambahkan garam dan merica secukupnya. jika Anda suka, tambahkan sedikit air. Setelah sayuran matang, matikan api. (Dalam keadaan setengah matang juga lezat untuk disantap)
  3. Setelah itu, angkat dan sajikan selagi hangat.
Catatan: Anda dapat menambahkan sayuran lain seperti bunga pepaya, brokoli dan sebagainya, sesuai selera Anda. Dan Anda juga dapat menambahkan udang dan telur jika Anda suka.

Selamat mencoba dan berinovasi. 

Jangan lupa untuk melihat-lihat resep-resep masakan lainnya di sini


0 Response to "Cara Memasak Capcay (Resep Capcay)"

Posting Komentar